Monday, June 6, 2011

Tutorial Merakit Komputer [1]

Tutorial Merakit Komputer

Untuk membangun PC anda perlu membeli semua hardware yang diperlukan. Sebelum membeli kita perlu mempertimbangkan spesifikasi hardware yang akan dipakai. Untuk komputer yang digunakan untuk mengetik dan browsing tidak perlu membeli prosesor yang terlalu tinggi, begitu juga dengan Vga (kartu grafis). Lain halnya jika komputer digunakan untuk design grafis atau video editing maka diperlukan hardware yang cukup kuat agar dapat berfungsi maksimal.

Dibawah ini adalah daftar semua hardware yang diperlukan untuk membangun sebuah Komputer beserta penjelasannya.

1. Casing
casing desktop diperlukan untuk meletakkan semua komponen komputer.


2. Motherboard
Motherboard adalah PCB yang menghubungkan prosesor, memori dan semua kartu ekspansi.


3. Prosesor atau CPU (central processing unit) adalah otak dari sebuah komputer. Semakin cepat prosesor, semakin cepat pula perintah suatu program berjalan.


4. Memori adalah nama yang diberikan untuk chip silikon yang menyimpan data komputer volatile. Volatile berarti isi dari memori akan hilang ketika power komputer dimatikan.


5. Kartu grafis (VGA card) menyediakan output layar untuk monitor anda.


6. Sound Card diperlukan untuk menjalankan file multimedia seperti mp3 dan video.


7. Hardisk digunakan untuk menyimpan semua data anda, termasuk sistem operasi, aplikasi, file user dan dokumen. Merupakan media penyimpanan non-volatile, yang berarti isi dari HDD tidak akan hilang ketika PC dimatikan.


8. Modem singkatan dari Modulator Demodulator, mengkonversi sinyal digital ke analog sehingga dapat melalui jaringan kabel telephon dan sebaliknya. Suatu modem penting jika anda ingin menggunakan layanan internet.


9. Optic Drive (cd rom), hampir semua os dan aplikasi tersedia didalam cd. Oleh karena itu penting sekali untuk memiliki cdrom untuk menginstal semua aplikasi anda.


10. Monitor



Video Tutorial Merakit Komputer






0 comments:

detikInet

Chip Online Indonesia