Tuesday, August 17, 2010

Malware Pengirim SMS Terdeteksi di Ponsel Android

Malware (program jahat) patut diwaspadai karena keberadaannya kian merambah ke berbagai perangkat, termasuk ponsel Android. Hal ini dibuktikan oleh hasil temuan Kaspersky yang mendapati malware pada ponsel dengan sistem operasi dari Google.

"Malware bernama 'Trojan-SMS.AndroidOS.FakePlayer.a' muncul sebagai aplikasi media player pada umumnya, namun dapat mengirim SMS ke nomor premium tanpa sepengetahuan pengguna," ujar Mobile Research Group Manager Kaspersky Lab Denis Maslennikov. Kaspersky bahkan mengklaim temuannya merupakan malware pertama yang pernah ditemukan pada ponsel Android.

Maka tidak mengherankan jika Kaspersky kemudian memasukkan malware berukuran 13 Kbytes tersebut ke dalam database antivirus mereka. Padahal Kaspersky sendiri tidak memiliki produk solusi antivirus untuk perangkat berbasis Android. Dikutip detikINET dari PC World, Rabu (11/8/2010), hal ini kemudian mendorong Kaspersky untuk membuat antivirus khusus Android yang kabarnya akan dirilis awal 2011.

Sebagai tambahan, Maslennikov menyarankan agar pengguna berhati-hati ketika memenuhi persyaratan yang diminta sebuah aplikasi sebelum menginstalnya. Artinya, malware tersebut tidak akan menyebar begitu mudahnya di dalam sebuah perangkat tanpa seizin penggunanya.

2 comments:

Blog Pemula said...

Waduh adroid?...wah sdh bnyk produk br ternyata. Kmren BB skr dh ada android sgl...hahaha (maklum soal ponsel g pnh update)

Salama Kenal. Blog Pemula

Unknown said...

Tinggal kita tunggu aja apalagi nanti setelah android, semakin banyak produk semakin banyak pilihan kan.hehe
thanks sdh mampir.

detikInet

Chip Online Indonesia